Bosan Indonesia Mulu, Sampah-Sampah Ini Migrasi Sampai ke Thailand dan Bikin Malu Satu Bangsa!


Akhirnya sampah Indonesia bisa go internasional
Cerita miris tentang sampah plastik seolah tidak ada habisnya. Beberapa waktu yang lalu, pemerintah Indonesia memutuskan untuk “menendang kembali” sampah sebanyak 5 kontainer ke AS karena diselundupkan ke dalam skrap kertas yang diimpor. Namun, kali ini justru giliran Indonesia yang “mengekspor” sampah plastik ke luar negeri, tepatnya ke pesisir pantai Thailand.
Seorang netizen bernama Ivana Kurniawati mengunggah beberapa foto yang memperlihatkan sampah plastik produk Indonesia berada di Thailand. Ivana menemukan sampah tersebut ketika dia dan komunitasnya mengadakan kegiatan bersih Pantai Nai Yang, di Phuket, Thailand. Siapa sangka, dia malah menemukan sampah plastik bertuliskan ‘Made in Indonesia’, maupun berbahasa Indonesia.
Sampah yang dia temukan di antaranya adalah gelas plastik, cup mie instan, sandal jepit, plastik kemasan pembersih kaca, bungkus kerupuk, hingga bungkus racun tikus. Tentu saja ini bukan sesuatu yang membanggakan. Karena itulah, dia memutuskan untuk mengunggah temuannya ini di media sosial untuk menyadarkan netizen akan bahayanya sampah plastik di lautan. https://keepo.me/viral/bosan-indonesia-mulu-sampah-sampah-ini-migrasi-sampai-ke-thailand-dan-bikin-malu-satu-bangsa/?utm_source=Line&utm_medium=Linetoday&utm_campaign=Aggregator Editor :Amadeus Bima
Penemuan sampah ini tak ayal membuat Ivana sangat malu. Dia bahkan merasa tidak enak hati dan meminta maaf kepada warga setempat yang ikut membersihkan pantai. Berdasarkan keterangan warga memang di pantai kadang ditemukan sampah dari Malaysia, Filipina, dan India. Namun, jumlah sampah yang paling besar adalah yang berasal dari Indonesia.
Ada juga hewan yang mati terdampar dengan sampah terlilit di tubuhnya. Aku percaya teman-teman sudah sering melihat gambar serupa, hari ini mataku menyaksikan sendiri hewan-hewan yang mati itu dengan sampah di sekelilingnya dari negeri kita yang datang bermil-mil jauhnya,” tulisnya.
Unggahan ini kemudian menjadi pro dan kontra di media sosial. Beberapa netizen meragukan apakah sampah-sampah tersebut memang berasal dari Indonesia. Ada juga yang mengatakan bahwa negara lain juga sering mengirim sampah ke Indonesia. Jadi, ini bisa dibilang sebagai balas dendam. Alasan yang cukup konyol karena yang menderita kerugian dari sampah plastik adalah kita semua. https://keepo.me/viral/bosan-indonesia-mulu-sampah-sampah-ini-migrasi-sampai-ke-thailand-dan-bikin-malu-satu-bangsa/?utm_source=Line&utm_medium=Linetoday&utm_campaign=Aggregator Editor :Amadeus Bima
Yang menyaksikan banyak sampah dari Indonesia itu diriku sendiri, karena aku paling familiar dengan nama dan kemasan produk-produknya, aku juga cek bahasa teksnya dan negara produksinya. Tentu di Thailand ada produk-produk Indonesia, tapi tidak sebanyak itu dan tidak akan full menggunakan Bahasa Indonesia,” jawabnya. https://keepo.me/viral/bosan-indonesia-mulu-sampah-sampah-ini-migrasi-sampai-ke-thailand-dan-bikin-malu-satu-bangsa/?utm_source=Line&utm_medium=Linetoday&utm_campaign=Aggregator Editor :Amadeus Bima
Ivana mengatakan bahwa dia mengunggah foto ini sebagai bentuk edukasi. Bahwa bahaya sampah plastik memang sudah benar-benar mengerikan hingga bisa sampai menjelajah ke negara orang seperti ini. Jadi, mulai dari sekarang yuk kurangi penggunaan plastik dan upayakan melakukan daur ulang.