Percaya Atau Enggak, Inilah Beberapa Ritual Jelang Nikah yang Masih Dipercaya Hingga Kini


Pernikahan adalah suatu hal yang sangat sakral dan diharapkan bakal terjadi sekali seumur hidup. Di negara Indonesia yang kental dengan ragam suku, ras, agama, dan kepercayaan ini tentu ada banyak pula adat istiadat yang berkembang di setiap daerahnya. Termasuk kebiasaan ritual jelang pernikahan yang hingga kini masih dipercaya.
Nah, dalam unggahan video TikTok yang dibagikan oleh akun @makeupbyiirma ini sukses menarik atensi warganet. Pasalnya, dalam sebuah kepercayaan di daerah Blitar, Jawa Timur ini terdapat beberapa ritual jelang menikah yang dilakukan.
Dalam video terlihat bahwa sang MUA menjelaskan pihak pengantin dan keluarganya tidak boleh keramas selama 7 hari sebelum acara berlangsung. Selain itu, pengantin diharuskan memakai gelang khusus dan tidak boleh dilepas selama acara.
Tak hanya itu, pihak keluarga juga harus menyalakan dupa selama acara dan tak boleh dimatikan. Ada juga keris disediakan dari pihak keluarga sendiri dan bukan dari perias. Ada juga sejen yang diletakkan di sekeliling dupa.
Namun sayang, sang MUA tak menjelaskan secara pasti apa tujuan dan manfaat dilakuaknnya kepercayaan tersebut. Yang pasti, kepercayaan tersebut sudah diyakini dari nenek moyang terdahulu.
Di sisi lain, pihak MUA menjelaskan bahwa sang pengantin kala itu memang mengeluarkan aura yang sukses bikin manglingi.
” Terlepas dari itu semua yang jelas pengantinku saat itu auranya keluar banget” tulis sang MUA sekaligus pemilik akun @makeupbyiirma dalam keteranagn videonya.
Melihat unggahan video TikTok tersebut, banyak warganet yang memberikan tanggapan. Berikut adalah ragam komentarnya.
@brushed.byyositadkn: klo aku di lakuin sm bapak kubsndiri ???? kbtulan aku nikah musim ujan di bln okt sblm acara aku ujan brturut² pas sebelum acara dn pas acara ga ujan sm.
@B A B U L A L A L A: Waktu kakak iparku pake dandanan jogja, si perias pengantinnya nyiapin kaya sesajenan gitu di tampah, dan bener2 aura kk iparku keluar.
@Riin????: kalo di Jawa tampatku, pas acara ada yang namanya damar panggung. biasanya ada sesaji, dan di tungguin sama Mbah Mbah biar ngga mati apinya. apinya-
Hem, gimana nih menurut kalian Diazens? Kalau di daerah kalian ada ritual apa saja nih? Coba komen di bawah ya.