Kisah di Balik Pria Berpatroli Ranjau Paku Keliling Indonesia dengan Sukarela

Seorang pria yang membersihkan ranjau paku di jalan baru-baru ini menuai sorotan publik. Ada kisah sedih di balik aksi mulianya tersebut, yakni istrinya yang wafat karena kecelakaan lalu lintas.

Sebelumnya diketahui, sudah sejak lama ranjau paku menjadi keresahan buat pengemudi kendaraan bermotor di jalan raya. Pasalnya, tak terlihat, paku tersebut kerap kali menyebabkan kecelakaan, terutama buat pengendara motor.

Seperti yang dialami istri dari pria satu ini. Kisahnya diceritakan akun Yu Jilah di Grup Facebook info cegatan jogja, Jumat (29/1/2021). Ia mengunggah dua foto yang memperlihatkan seorang pria membawa alat untuk sweeping ranjau paku.

Adapun pria tersebut bernama Hengki, asal Cikijing, Majalengka, Jawa Barat. Disebutkan ia memang rutin melakukan aksi sweeping terhadap ranjau paku di sepanjang jalan kota Yogyakarta.

Terdapat cerita pedih di balik aksinya tersebut. Pasalnya, sang istri disebutkan meninggal karena kecelakaan lalu lintas, diakibatkan ranjau paku yang menggembosi ban motornya secara tiba-tiba. Padahal, kala itu istri sedang mengandung sang buah hati.

“Berawal dari kehilangan seorang istri yang tengah hamil karena kecelakaan yang disebabkan ban motor yang almarhum istrinya kendarai bocor karena tertancap paku, Mas Hengki kemudian memulai aksi mulia ini, menarik paku yang bertebaran di jalan menggunakan besi berani/magnet,” ungkap akun Yu Jilah.

Kegiatan Hengki pun dilakukan secara sukarela, bahkan sampai beberapa kali tidur di emperan toko. Paling lama dua minggu dirinya akan sweeping ranjau paku, sebelum berpindah ke kota lain. Ia berencana menyusuri Klaten, Solo, Surabaya, hingga Jakarta.

“Rasanya haru mendengar cerita Mas Hengki ini. Tanpa mengharapkan imbalan apapun, beliau melakukan tugas mulia ini. Tanpa tempat tinggal dan mengaku tidur di emperan toko yang beliau lalui,” sebut Yu Jilah.

Kini unggahan tersebut pun viral, disukai oleh lebih dari 23 ribu orang dan dilihat hingga jutaan kali. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan yang terharu dengan cerita tersebut.

“Kisah cinta yang terbaik. Sehat selalu njih, Pak,” kata akun Seftian Anjar Cahya.
“Masyaallah. Barakallah buat Mas Hengki. Semoga sehat selalu dan dipertemukan dengan orang-orang baik. Amin ya robbal alamin,” ujar akun Aditya Bilqis Mom’s.