Peringati Hari Kemerdekaan, Warga Depok ini malah Kibarkan B3ndera Neg4r4 Lain

Sebuah video memuat adanya rumah warga di Beji, Depok, mengibarkan bendera Palestina. Pengibaran bendera Palestina ini dilakukan menjelang HUT ke-76 Kemerdekaan RI. Sementara itu, rumah-rumah yang lain mengibarkan bendera Merah-Putih.

Pemasangan bendera Palestina itu menuai kritik masyarakat di dunia maya. Tidak sedikit warga yang menilai pemilik rumah tersebut tidak memiliki rasa nasionalisme.

Polisi turun tangan menelusuri kebenaran foto dan video viral tersebut. Rumah yang memasang bendera Palestina di Beji, Depok itu, didatangi petugas pada Rabu (11/8) malam.

“Saya semalam sudah datangi rumahnya. Jadi penjelasan pemilik rumah itu bendera sisa daripada kegiatan solidaritas Palestina,” kata Kapolsek Beji Kompol Agus Khaeron saat dihubungi detikcom, Kamis (12/8/2021).

Pemilik rumah itu diketahui berinisial MTT. Dia mengaku bendera Palestina itu sudah lama terpasang di rumahnya.

Menurut Agus, MTT mengaku tidak memiliki niat apa pun dalam pemasangan bendera Palestina tersebut. Posisi bendera Palestina itu yang berada di antara bendera Merah-Putih dan mendekati Hari Kemerdekaan Indonesia membuat banyak yang salah tafsir.

“Tidak ada niatan, tidak ada niatan. Itu hanya dulu dari solidaritas Palestina. Saya juga nggak mau berpolemik. Sekarang kan kemerdekaan RI, momentumnya biar mengingatkan perjuangan pahlawan, ya pasang bendera (Indonesia),” ujar Agus

Sumber: detikNews