Penasaran dengan Sosok Keluarga Alm. Akidi Tio penyumbang 2 T, Dahlan Iskan Berjuang sampai Pusiing nyari tau, Netizen sebut Jaga Privasi

Sosok almarhum Akidi Tio, penyumbang duit Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 memancing rasa penasaran banyak orang termasuk Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Dahlan bahkan sampai menghubungi semua kenalannya untuk mengetahui lebih jauh sosok Akidi Tio ini.

Perjuangan Dahlan mencari tahu sosok Akidi Tio dituangkan dalam tulisannya berjudul Bantuan 2 T yang dipublikasikan di disway.id.

Dalam tulisan Dahlan terungkap, Akidi Tio merupakan orang yang rendah hati dan tak mau menonjol. Hal itu berdasarkan pengakuan Hardi Darmawan, dokter keluarga Akidi Tio.

Diceritakan Hardi, Akidi Tio merupakan sosok yang rendah hati. Setiap datang ke tempat praktik Hardi, Akidi selalu hanya mengenakan baju dan celana putih.

Dahlan pun penasaran karena semua temannya dari kalangan Tionghoa di Palembang tak mengenal sosok Akidi Tio. Menurut, Hardi, hal itu karena Akidi Tio sangat rendah hati dan tidak mau menonjol.

“Beliau banyak sekali menyumbang. Tapi selalu hanya atas nama hamba Tuhan,” ujar Hardi sebagaimana dikutip Dahlan di tulisannya seperti dikutip detikcom, Rabu (28/7/2021).

Menurut pengakuan Hardi, Akidi Tio pernah punya pabrik kecap, mebel, kebun sawit dan kontraktor bangunan.

Masih penasaran, Dahlan pun menghubungi Alex Noedin yang pernah menjadi Gubernur Sumatera Selatan. Alex mengaku tak kenal nama itu sama sekali. Dahlan kemudian menghubungi mantan menteri asal Palembang yang namanya tidak ia sebutkan. Jawabannya pun sama.

Dahlan masih berusaha. Ia menghubungi lima pengusaha orang Tionghoa di sana dan mereka tidak ada yang mengenal nama Akidi Tio. Ia juga menghubungi seorang yang bermarga Tio. Jawabannya juga sama, tidak mengenal nama tersebut.

Dalam tulisannya, Dahlan pun menilai, Akidi Tio pengusaha yang luar biasa rendah hati. Menurutnya, hal seperti itu banyak sekali di lingkungan masyarakat Tionghoa.

Dahlan mengaku punya banyak teman Tionghoa yang sifatnya seperti Akidi Tio. Sehari-hari hanya pakai sandal, bajunya lusuh dan dari kain yang biasa-biasa saja. Namanya tidak pernah disebut di mana-mana tapi uangnya luar biasa banyaknya.

“Saya malu kalau pakai baju bagus di depan mereka,” tulis Dahlan mengakhiri tulisannya.

Atas usaha Dahlan Iskan tersebut banyak mendapat komentar Netizen seperti berikut ini:

@Lovebird menulis:
ditunggu para \”nyinyirer\” untuk ikut peduli kepada bangsanya sendiri, bukan malah nyinyir dan mengganggu program pemerintah yg saat ini bersama dg Nakes, TNI\/ POLRI, Sukarelawan, Ormas bersih … dsb sdg fokus bersatu memerangi covid19.

@Minyak Kayu Putih, menulis:
Tanyalah kepada Kapolda Sumsel yg katanya “teman lama ” almarhum. Sampai dititipin pribadi utk sedekah segitu gede, pasti sudah sehati teman seperjuangan..

@Blue Asthesky:
perjuangan dalam rangka pansos dan kerja konten…

@Frans Atmaja: orang tsb dari awal emang kaga mau dikenal publik, cuma anak2nya yg meneruskan wasiat ortunya. Keren banget, hard cash tanpa embel2 yayasan, perusahaan dan politik.

Sumber: detik.com