Viral Kisah Pengumpul Kardus Sisihkan Uang Rp 2.000 untuk Membeli Hewan Kurban

Hari Raya Iduladha yang telah dinanti-nanti seluruh umat muslim di dunia akhirnya tiba pada hari ini Selasa (20/7/2021). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, lebaran haji ini dirayakan di tengah pandemi. Meski demikian, tak menyurutkan antusias masyarakat dalam mempersiapkan hewan kurban.

Saat Hari Raya Iduladha, umat muslim yang mampu secara finansial diwajibkan untuk berkurban. Bahkan seseorang rela menyisihkan sedikit hartanya untuk membeli hewan kurban. Seperti kisah inspiratif pria pengepul kardus di Bekasi, Jawa Timur yang baru-baru ini viral di media sosial.

Meski memiliki ekonomi terbatas, pria yang bernama Arif ini akhirnya bisa ikut berkurban di tahun ini. Setelah mengumpulkan uang Rp 2.000 dari hasil kerja kerasnya berjualan kardus, pria yang akrab disapa Aep itu berhasil membeli hewan kurban.

Kisahnya itu awalnya dibagikan oleh seorang pengguna Facebook bernama Hendro Pratama pada beberapa waktu lalu. Sosoknya yang hidup dalam keterbatasan membuat warganet tersentuh. Banyak warganet yang merasa kagum dengan aksinya tersebut.

“Barusan dapet kabar bahagia Arif yg sehari2 dipanggil Aep membeli hewan kurban dengan uang pecahan 2000an yang ia kumpulkan dari uang menjual kardus yang setiap hari ia geluti. Dengan segala kekurangan yang ia miliki ia masih memiliki hati yg sungguh hebat Subhanallah,” dikutip Liputan6.com dari Facebook Hendro Pratama, Selasa (20/7/2021).

Menyisihkan Uang Pecahan Rp 2.000

Kemudian kisah aep yang rela menyisihkan uang pecahan Rp 2.000 untuk membeli hewan kurban dibagikan kembali oleh pengguna Twitter @BacaSaung. Dalam cuitannya itu, ia mengungkapkan bahwa Aep bekerja sebagai pengepul kardus yang biasanya beroperasi di wilayah Bekasi Utara.

Pada malam hari di saat orang terlelap, ia baru akan mulai bekerja. Lalu kardus-kardus tersebut ia jual kepada pengepul. Meski penghasilan yang didapat tak menentu setiap harinya, Aep mampu membeli hewan kurban dari hasil mengumpulkan kardus.

Pekerjaan ini ia lakukan dengan penuh keikhlasan meski di tengah segala kekurangannya. Akun Twitter @Bacasaung juga membenarkan bahwa Aep merupakan pemuda disabilitas dengan kekurangan tidak bisa bicara dengan jelas atau cadel.

“Saya tau banget ini anak, tidak pernah sekolah, ngomong juga gajelas cadel, Operasi kardus jam 9 malem, ketika toko pada nutup, di taman wisma asri dua, teluk Pucung, Bekasi Utara, malu gak sih baca kek gini, sehat sehat Aep, doa terbaik untukmu” tulis akun Twitter @Bacasaung.

Bukan hanya itu, pengepul kardus tersebut juga dikenal sebagai sosok yang suka menolong. Aep pun memiliki pribadi yang ramah dan kerap menghibur warga.

“Aep itu suka membantu Pak RW setempat, disuruh kewarung, atau ini itu, yg jelas diberdayakan,” tulis akun Twitter @Bacasaung.

Bikin Netizen Kagum
Sontak kisahnya itu menjadi viral di media sosial. Tak sedikit orang yang salut dengan sosok Aep. Dalam unggahan terbarunya, akun Twitter @BacaSaung juga menginfokan bahwa Aep telah bertemu banyak orang baik.

Salah satunya seorang pria yang mengembalikan uang Aep. Sebagai gantinya, orang itu membeli seekor hewan kurban atas nama Aep. Kisah inspiratif Aep ini pun memiliki makna yakni, jika seseorang berbuat baik maka ia akan dibalas dengan kebaikan.

“Kontan, Duit recehan Aep, 2,5jt dari ngumpulin kardus buat beli hewan qurban, sudah dikembalikan oleh orang baik, terserah Aep itu duit mw dibeliin apa lagi, cepet banget ya respon nya Tweeter, kamu yg tinggal di wisma Asri dua, nitip nitip Aep ya, orang baik berhati mulia,” tulis akun Twitter @Bacasaung.

Banyak netizen yang merasa terketuk pintu hatinya melihat aksi mulia Aep ini. Mereka kagum dan bangga dengan pengepul kardus tersebut.

“mgkin bbrp org akan malu pada diri sendiri….gagah, sehat,harga gadget jutaan tp ogah berkorban….,” komentar Twitter @AbuMuhHafiz

“Malu rasanya diri ini….Coba renungkan, sadar gak sih, hape yg kita pakai buat nge twit ini harganya berapa…? Mumpung masih ada waktu, yuk kita berqurban… Beli kambingnya, jangan beli ateng sama tusuk sate nya doang.” kometar Twitter @ridwan_azfar

“Salut, malu dan tertampar. Kite yg 2 rb jak mgkin bse di dpt tiap ari blm2 agk bekurban,” komentar Twitter @biewalkers13

“Sungguh aku malu kepadamu saudaraku dg segala keterbatasanMu engkau mengiris hati ini semoga sehat selalu jiwa dan batin mu Alloh SWT limpahkan rezeki yg halal dan barokah.. Aamiin,” komentar Twitter @asep_adang

sumber : liputan6.com