5 Tips Rebus Daging Biar Empuk Ini Gampang Dicontek

303 views

Untuk menghasilkan olahan daging yang empuk dan bumbunya meresap diperlukan cara memasak yang tepat. Berikut ini tips rebus daging biar empuk yang mudah dipraktikkan.

Saat perayaan Idul Adha tumpukan daging akan memenuhi freezer atau lemari es. Beberapa orang mungkin masih akan kesulitan untuk mengolah daging-daging tersebut.

Tekstur daging yang berserat dan cukup keras membuatnya memerlukan trik khusus agar hasil olahan daging menjadi empuk. Teknik perebusan yang tepat menjadi faktor penting untuk membuat daging memiliki tekstur yang empuk dan bumbunya meresap.

Mengolah daging memang tidak bisa sembarangan karena cara yang salah akan membuat daging menjadi alot dan sulit untuk dimakan. Mulai dari cara mencuci yang tepat hingga mengetahui teknik merebus daging yang benar diperlukan agar hasil olahan daging tidak alot.

1. Jangan Cuci Daging
Masih banyak kerancuan terkait pro kontra mencuci daging. Beberapa orang masih mencuci daging mentah yang akan diolahnya dengan tujuan untuk memastikan daging bersih dan higienis.

Menurut Food Safety and Inspection Service U.S Department of Agriculture, mencuci daging mentah sangat tidak disarankan bahkan dilarang untuk dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena bakteri pada daging yang masih mentah dapat menyebar ke permukaan lain seperti makanan, alat masak, permukaan meja hingga baju melalui cipratan air dari pencucian daging.

Namun untuk daging Idul Adha, kepada detikfood, chef Degan Septoadji dan chef Stefu Santoso tetap menyarankan untuk mencuci daging kurban. Pasalnya dalam proses penyembelihan hingga pendistribusian daging kurban, belum tentu semuanya higienis. Jadi disarankan untuk mencuci daging kurban di bawah air mengalir sebelum diolah.

2. Sesuaikan Ukuran Daging
Merebus daging dalam keadaan utuh dan masih berukuran besar menjadi kesalahan yang banyak dilakukan. Sebaiknya potong daging menjadi berukuran lebih kecil agar waktu perebusan yang dibutuhkan tidak terlalu lama.

Sesuaikan potongan daging dengan jenis makanan yang akan disajikan. Saat memotong daging usahakan untuk berlawanan arah seratnya. Memotong daging berlawanan arah serat ini bertujuan untuk melunakkan serat dan urat pada daging agar saat matang daging tidak menjadi alot.

Daging dengan potongan dadu agak kecil hanya akan membutuhkan waktu perebusan kurang dari satu jam. Sedangkan daging dengan ukuran yang lebih besar bisa memakan waktu perebusan hingga dua atau bahkan tiga jam.

3. Gunakan Api Kecil

Tips rebus daging biar empuk selanjutnya adalah soal besaran api. Mengatur besar kecilnya api saat merebus daging juga penting diperhatikan. Penggunaan api besar saat perebusan daging memang akan mengempukkan daging tetapi dapat merusak tekstur dari daging itu sendiri.

Saat awal mendidihkan air dan memasukkan daging menggunakan api berukuran sedang masih diperbolehkan. Ketika melihat daging sudah mulai berubah warnanya segeralah untuk mengecilkan api agar bagian dalam daging empuk secara merata.

Merebus daging dengan cara ini sebenarnya tidak perlu waktu yang lama. Daging cukup direbus sekitar 30 hingga 40 menit saja dan jangan terlalu lunak. Perebusan daging yang terlalu lunak akan merusak tekstur alami daging dan membuatnya mudah hancur saat dimasak dengan bumbu.

4. Teknik Merebus 5-30-7
Teknik merebus 5-30-7 ini dikatakan sebagai cara merebus daging yang hemat gas namun hasil dari perebusannya daging akan cepat empuk. Cara ini banyak digunakan bagi rumah tangga yang tidak memiliki presto untuk mengempukkan daging.

Pertama-tama siapkan panci yang telah diisi air yang cukup untuk merebus daging. Panaskan air hingga benar-benar mendidih baru kemudian masukkan potongan daging yang ingin dimasak.

Rebus daging selama 5 menit. Setelah 5 menit matikan api kompor dan tutup rapat panci kemudian biarkan selama 30 menit. Saat panci ditutup pastikan sudah benar-benar rapat dan jangan dibuka hingga waktu 30 menit habis.

Setelah didiamkan selama 30 menit nyalakan kembali api kompor. Lanjutkan untuk rebus selama 7 menit dan setelah selesai cek tekstur daging.

5. Teknik Rebus 17 Menit

Selain teknik merebus 5-30-7 ada juga tips rebus daging biar empuk selama 17 menit yang juga populer. Sebelum direbus daging harus disiapkan dengan potongan berlawanan arah serat agar tekstur hasilnya tidak alot.

Pada tahap pertama rebus daging dalam air mendidih selama 7 menit. Setelah 7 menit kemudian tutup rapat panci dan biarkan selama 5 menit dengan mematikan api kompor. Jika sudah didiamkan api bisa kembali dinyalakan.

Pada tahap selanjutnya rebus kembali daging selama 5 menit. Setelahnya kembali tutup rapat dan biarkan selama 5 menit lagi. Pada tahap terakhir baru rebus kembali daging selama 5 menit dan cek tekstur daging di akhir tahap perebusan.

Sumber: Detikfood