Viral Gadis 14 Tahun Asal China Dengan Tinggi Melebihi 2 Meter

175 views

Dunia maya tengah dihebohkan dengan foto seorang gadis berusia 14 tahun dengan tinggi lebih dari 2 meter. Setelah ditelusuri, ternyata gadis tersebut bernama Zhang Ziyu yang merupakan atlet basket putri China. Diketahui dirinya masih berusia 14 tahun dan memiliki tinggi 2,26 meter. Tinggi badan tersebut menyaingi legenda basket NBA, Yao Ming.

Zhang Ziyu berasal dari Provinsi Shandong, China mewarisi gen tinggi dan kemampuan olahraga dari keluarganya. Ibunya, Yu Ying adalah pensiunan pemain basket profesional. Bahkan, Ying bermain untuk tim nasional China.

Tetapi soal tinggi, kedua orang tuanya lebih pendek dibanding Ziyu. Ayah dan ibunya masing-masing memiliki tinggi 2,13 meter dan 1,98 meter, menurut laporan South China Morning Post.

Sejak kecil pertumbuhan Ziyu memang terlihat sangat menonjol dibanding usia anak lainnya. Ketika usia 6 tahun, tinggi Ziyu sudah mencapai 1,5 meter. Kemudian, menginjak usia 11 tahun, tingginya 2,1 meter.

Mengikuti jejak sang ibu sebagai pemain basket profesional. Aksi Ziyu yang bermain basket di final Kejuaraan Bola Basket Wanita U-15 China mendapat pujian dari netizen. Dalam video pertandingan yang viral itu, dia terlihat menjulang tinggi di atas pemain lain.

Memiliki tinggi di atas rata-rata membantu Ziyu menjadi pemain kunci bagi timnya. Tercatat dalam partai final tersebut, ia mengantongi 42 poin, 25 rebound, dan memblok enam tembakan, alhasil membantu timnya meraih gelar juara.

Ziyu sering dikaitkan dengan legenda basket China, Yao Ming, yang memiliki tinggi 2,29 meter. Alhasil, Ziyu mendapat julukan “Yao Ming wanita” dan diharapkan memimpin tim bola basket wanita China suatu hari nanti.

Tinggi Ziyu pun juga diperkirakan akan terus bertambah. Menurut Healthline, anak perempuan biasanya berhenti tumbuh dan mencapai tinggi dewasa pada usia 14 atau 16 tahun, atau beberapa tahun setelah menstruasi dimulai.

Sumber: mancode.id