VIRAL Gaji Guru Rp 144 Ribu Sebulan: Saya mengajar ikhlas, kalau tidak dibayar juga tidak masalah

Mengabdi pada negara, bangsa dan masyarakat, memang pantas guru mendapatkan julukan khusus, “pahlawan tanpa tanda jasa.” Karena mereka, anak-anak bangsa terlahir cerdas. Dan karena mereka juga, tertanam ilmu pendidikan, adab, serta terampil dalam skillnya.

Kendati sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat, namun tidak semua guru mendapatkan yang namanya “kesejahteraan”. Masih banyak guru yang tak mendapatkan upah semestinya. Khususnya guru yang mengabdi di tempat-tempat terpencil.

Padahal, jam kerja mereka dengan guru di Kota sama, bahkan ada yang sampai harus menambah jam mengajar karena minimnya tenaga pendidik.

Dan nasib ini pula yang diterima guru bahasa Arab di sebuah sekolah SMP di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Dia adalah Nasrullah. Nasrullah hanya mendapat bayaran sebesar Rp 144 ribu dalam satu bulan, atau hanya dibayar Rp 6 ribu per jam.

Terharunya, meski upah yang diterima tidak sebanding dengan peluh dan rasa lelahnya, namun Nasrullah mengaku bersyukur dan ikhlas menjalani profesinya.

“Saya mengajar di beberapa tempat dan semuanya gajinya segitu (Rp 6 ribu per mengajar). Namun saya bukan dari nilainya, tapi untuk kecerdasan anak-anak. Saya mengajar ikhlas, kalau tidak dibayar juga tidak masalah,” ucapnya, dilansir Tribunnews.com.