Baca Doa Ini Sebelum Tidur, Insya Allah Hutang Akan Lunas

238 views

Ada doa melunasi utang bisa diamalkan agar dipermudah langkahnya melunasi pinjaman. Sebab dalam hidup ada bisa saja kita berhubungan dengan utang. Baik sedikit mau pun besar jumlahnya.

Tak ada salahnya mengamalkan doa pelunas utang agar dipermudahkan langkah kita oleh Allah SWT terbebas dari utang. Doa menjadi salah satu cara Nabi Muhammad SAW membantu seseorang yang terjerat dari hutang. Sesuai dengan sunnah, berikut doa melunasi hutang sebesar gunung:

1. Doa

Doa melunasi utang berdasarkan hadis riwayat TirmidI nomor 3563, dari ‘Ali, ada seorang budak mukatab yang mendatanginya, ia berkata, “Aku tidak mampu melunasi untuk memerdekakan diriku.”

Ali pun berkata, “Maukah kuberitahukan padamu beberapa kalimat yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkannya padaku yaitu seandainya engkau memiliki hutang sebesar gunung, maka Allah akan memudahkanmu untuk melunasinya. Ucapkanlah doa

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: Ya Allah cukupkan lah aku dengan yang halal dan jauhkan lah aku dari yang haram, dan cukupkan lah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.

Selain itu, ada juga doa melunasi utang berdasarkan hadis riwayat Muslim nomor 2713, telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata, “Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan,

Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Artinya: Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah hutang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.

2. Syarat Diterimanya Doa Melunasi utang

Doa melunasi utang bisa diterima bila seseorang mengonsumsi makanan yang halal dan menjauhi makanan haram. Maka dari itu, Nabi Muhammad SAW memerintahkan umat Islam mengikuti perintahnya.

Berdasarkan hadis riwayat Muslim nomor 1015,dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Artinya: Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu thoyyib (baik). Allah tidak akan menerima sesuatu melainkan dari yang thoyyib (baik). Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya: ‘Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.’ Dan Allah juga berfirman: ‘Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik-baik yang telah kami rezekikan kepadamu.’ Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang seorang laki-laki yang telah menempuh perjalanan jauh, sehingga rambutnya kusut, masai dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdoa: ‘Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.’ Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dari yang haram, maka bagaimanakah Allah akan memperkenankan doanya?

Nah, jangan lupa mengamalkan doa melunasi hutang boleh setiap hari ya…

Sumber: detik.com

Dzikir Penghapus Dosa, Meski Sebanyak Buih Di Lautan

Rasulullah SAW bersabda, “ Barangsiapa mengucapkan; Subhanallahi wa bihamdihi – Mahasuci Allah dan segala puji hanya bagi-Nya, sebanyak seratus kali dalam sehari, maka Allah SWT akan mengampuni dosanya, meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan sabda Rasulullah tentang anjuran membaca dzikir setelah bangun tidur ini juga dapat menghapus dosa meskipun sebanyak buih dilautan.

” Tidak ada seorang pun yang telah dikembalikan ruhnya (bangun tidur) kemudian membaca, Laillahaillallahu wahdahula syarikalah, lahulmulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘ala kulli syaiinqodir – Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Mahaesa. Tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, dan bagi-Nya segala puji. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu melainkan segala dosanya diampuni oleh Allah walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Ibnus Sunni, Imam an-Nawawi)