Pemudik lewat jalan tikus hindari pos penyekatan.

164 views

Pemerintah telah mengeluarkan peraturan larangan mudik yang berlaku dari tanggal 6-17 Mei 2021, larangan mudik saat Idul Fitri tersebut dilakukan dengan alasan untuk menekan angka penyebaran virus covid-19.

Namun meski sudah dilarang, ternyata tetap saja ada warga yang nekat mudik ke kampung halaman. Kebanyakan dari mereka beralasan ingin bersilaturahmi dengan orang tua di kampung dan bertemu keluarga.

Bahkan dalam sebuah video yang beredar di sosial media memperlihatkan para pemudik yang menggunakan sepeda motor, nekat menjebol pos penyekatan, bahkan ada yang melewati jalan tikus untuk menghindari pos penyekatan yang dijaga petugas gabungan dari Kepolisian.

Dalam video tersebut, aksi para pemudik lewat “jalan tikus” terjadi di kawasan Cirebon, Jawa Barat.

Di video terlihat, sejumlah pengendara sepeda motor yang hendak mudik ke kampung halaman memenuhi “jalan tikus” meski sudah ada larangan Mudik 2021.

“Terima kasih banyak buat warga Cirebon sudah membantu memberikan jalan guna para pemudik pulang ke kampung halaman,” tulisnya.

Warga setempat ikut membantu para pemotor yang hendak mudik dengan memberikan petunjuk atau kode jalan menuju ke kampung halaman.

Pemudik disemangati warga

Bahkan tak hanya itu saja, dalam sebuah video lainnya yang berbeda lokasi, memperlihatkan pemudik yang terkena pemeriksaan di pos penyekatan diberikan semangat oleh sejumlah warga.

Aksi sekumpulan warga memberi semangat untuk para pemudik bak sedang menyambut para pejuang pulang dari medan perang belakangan mendadak viral di media sosial. Para warga yang berasal dari berbagai kalangan usia itu menuai salut dari publik lantaran dinilai memiliki rasa solidaritas yang tinggi.

Keberadaan para warga diduga di daerah Karawang, Jawa Barat.

“Pemudik disemangatin warga… Bak pejuang yang pulang dari medan perang,” tulis akun itu.

Tentu saja kedua video yang viral tersebut menuai komentar pro dan kontra dari sejumlah netter.