Murah Meriah, Ini 6 Makanan untuk Mencegah Tulang Keropos

236 views

Siapa yang tak ingin punya tulang kuat? Kuat atau tidaknya tulang kita dipengaruhi oleh aktivitas dan makanan sehari-hari. Bila tidak memperhatikan kedua hal tersebut, risiko tulang keropos bisa menghampiri. Risiko ini akan makin parah dengan bertambahnya usia.

Selain faktor usia, menurunnya kesehatan tulang biasanya juga disebabkan oleh tidak tercukupinya asupan kalsium dan vitamin D. Padahal, dua komponen tersebut berguna untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Berikut ini, 6 makanan untuk mencegah tulang keropos. Tenang, makanan ini mudah sekali didapatkan dan kamu tak perlu mengeluarkan kocek berlebih. Apa saja?

1. Sawi hijau

Sawi hijau kaya akan vitamin K yang bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Vitamin K adalah salah satu mineral yang bisa mencegah pembekuan darah, pengeroposan tulang, osteoporosis, sampai menghilangkan kalsium di area tubuh yang tak seharusnya mendapatkan asupan tersebut.

2. Kaldu tulang sapi

Menurut jurnal Glucosamine Therapy for Treating Osteoarthritis tahun 2005, glucosamine dan chondroitin bisa mengurangi nyeri sendi dan risiko pengeroposan sendi. Selain itu, kaldu sapi juga memperkuat tulang kita sehingga mengurangi risiko osteoporosis.

Glucosamine dan chondroitin adalah senyawa alami yang biasa ditemukan di daerah tulang rawan. Gelatin dari proses perebusan tulang juga bisa membantu mempercepat penyembuhan cedera tulang.

3. Kol ungu

Siapa sangka sayur cantik ini bisa mencegah tulang keropos? Kol ungu mengandung beberapa nutrisi; seperti vitamin C dan K, kalsium, mangan, dan seng yang bermanfaat dalam menguatkan tulang.

Menurut data yang dirilis US Department of Agriculture, kandungan vitamin C yang ada di dalam kol ungu berperan dalam pembentukan tulang, dan membantu melindungi sel-sel tulang dari kerusakan. Sementara itu, vitamin K, berperan dalam mempertahankan tulang agar kuat dan sehat.

4. Ubi

Selain disajikan sebagai menu diet, ubi juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Umbi bercita rasa manis ini mengandung potasium dan magnesium yang dapat membantu menyeimbangkan keasaman di dalam tubuh.

Cukupnya asupan potasium dan magnesium di dalam tubuh akan mencegah pengeroposan dikarenakan larutnya kalsium di dalam tulang.

5. Bayam

Tentu banyak orang yang sudah tahu bahwa bayam merupakan salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi. Sebut saja vitamin K, C, A, zat besi, dan beberapa mineral penting lainnya.

Perpaduan kandungan bayam yang sangat bervariasi itu ternyata sangat baik untuk mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Kandungan vitamin C dan A di dalamnya dapat mempercepat pembentukan jaringan baru yang rusak, tak terkecuali untuk tulang. Sedangkan vitamin K di dalam sayur favorit Popeye ini berguna untuk menurunkan risiko degenerasi tulang saat usia lanjut seperti osteoporosis, asam urat, hingga nyeri sendi.

6. Bok choy

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang pun sedikit demi sedikit akan berkurang, bahkan dapat berujung pada gangguan osteoporosis. Agar tulang tetap sehat, salah satu cara termudah adalah memperbanyak asupan bok choy pada menu makanan sehari-hari.

Kandungan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan zink di dalam bok choy berfungsi untuk menjaga tulang tetap kuat dan padat. Bahkan perpaduan zat besi dan zinc juga memiliki peranan penting dalam peningkatan produksi kolagen di dalam tubuh, lho.

Itu dia makanan yang bisa mencegah tulang keropos. Yuk, kita sayangi tulang sedari dini sebagai investasi di masa tua!

Sumber: kumparan.com