INNALILLAHI WA INNA ILAIHIROJI’UNSeorang jamaah wafat saat sujud terakhir sholat jum’at di masjid Al-Mukhlisin. Insyaallah husnul khatimah min ahlil jannah. Aamiiin

Warga Kabupaten Subang, Jawa Barat dikejutkan dengan peristiwa seorang pria paruh baya meninggal dunia. Posisi pria itu ditemukan dalam keadaan bersujud.

Tak sedikit netizen yang mengaku terharu dan iri dengan proses kematiannya tersebut. Ditambah lagi, terjadi di bulan suci Ramadhan.

Namun lantaran masih dalam kondisi pandemi Covid-19, warga memilih untuk segera menghubungi pihak medis.

Diketahui bahwa Almarhum merupakan santri yang tengah memperdalam agama di sebuah pesantren di Pamanukan selama bulan Ramadhan. Berikut ulasannya.

Meninggal Saat Sujud dalam Salat
Seorang pria meninggal dunia dalam keadaan bersujud. Pria itu merupakan jemaah yang melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Al-Mukhlisin Kecamatan Pamanukan, Subang, Jawa Barat.

Almarhum diketahui bernama Upan Sopian berusia 49 tahun. Ia merupakan warga Kampung Simpangsari RT 008/004 Desa Cisaga, Kecamatan Cibogo, Subang.

“Keadaan beliau meninggal itu dalam keadaan sedang sujud. Itu diperkirakan saja ini, saat waktu salat sunnah Jumat. Jadi saat salat Jumat kemungkinan sudah meninggal. Sampai selesai Jumatan, ternyata beliau masih dalam keadaan sujud,” papar Ahmad Zajuli, pengurus Masjid besar Al-Mukhlisin, seperti dikutip dari Liputan6.

Santri Lagi Belajar di Pesantren

Lantaran masih di masa pandemi Covid-19, warga tak berani ambil risiko. Sehingga mereka segera menghubungi pihak medis. Jenazah pun dievakuasi oleh Puskesmas Pamanukan dengan atribut APD lengkap.

Menurut pengakuan pihak keluarga, mendiang tengah memperdalam ilmu agama di pesantren selama bulan Ramadhan. Sekaligus menjalani proses pengobatan di Pamanukan.

“Punya sakit paru-paru sudah lama. Dia lagi mesantren di sini, di Pamanukan. Tadinya mau ikut saya, tapi minta di pesantren sambil berobat,” ujar Ade perwakilan pihak keluarga.

Jenazah pun dibawa pulang oleh keluarga ke kampung halamannya di Desa Cisaga, Cibogo, Subang.

Netizen Mengaku Iri
Video viral tersebut lantas membuat banyak warganet mengaku iri.

“Manusia dimatikan sesuai kebiasaannya.. MasyaALLAH tabarakallah… Hari jumat dan sedang bersujud..semoga husnul khotimah,” tulis @syasyaaa1212.

“Saya iri denganmu mas, di panggil dalam keadaan suci karena wudhu, di saat sholat menghadap sang ilahi di hari Jum’at dalam keadaan sujud, bulan Ramadhan,” tulis @ruli_khaerulanam.

“Hari jumat..ramadhan pula.. MasyaAllah..bikin iri 😢,” tulis @wiwipratiwi88.

“Kematian yang diidam idamkan,” tulis @muhammadiisraq.

“Kematian yang membuat semua umat muslim iri, Hari Jum’at, bulan Ramadhan, wafat dalam keadaan beribadah. Semoga Husnul khatimah pak,” tulis @dinda.ash02.

“Ya Allah 😢 di hari Jum’at bersujud pun tidak menyusahkan sanak keluarga pula 😢 Allah ❤️,” tulis @setya_n_.

Sumber: merdeka.com