Resep Stick Tempe Goreng Telur

4039 views


Stick Tempe Goreng Telur

Bahan-bahan

3 papan Papan Tempe Kecil
2 butir Telur
4 sdm Tepung Terigu
5 siung Bawang Putih (uleg halus)
1 sdt Kaldu Bubuk (me : ayam)
Secukupnya Merica
Secukupnya Garam
Langkah membuat :

Kukus tempe, kemudian potong-potong memanjang seperti stick.

Kocok telur, tepung terigu, merica, garam, kaldu bubuk ayam, bawang putih yang sudah di uleg. Asal saja, biarkan tetap ada gerindil-gerindilnya.

Masukkan tempe ke kocokan telur tadi kemudian goreng satu per satu dengan api sedang sampai kuning keemasan.

Angkat dan tiriskan. Stick Tempe Goreng Telur siap disantap.

Tips Memilih dan Menyimpan Tempe yang Benar dan Sehat

Tempe termasuk salah satu bahan makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan jamur. Meskipun harganya cenderung murah, namun kandungan gizi tempe sangatlah tinggi, diantaranya : protein, serat, kalsium, Vitamin B, zat besi, fosfor, karbohidrat, lemak sehat, karoten, Vitamin B1, dan lainnya. Tempe memiliki kandungan penting yang dibutuhkan untuk kesehatan kita, misanya antioksidan, antibakteri, dan antibiotika. (BAhaya mengonsumsi ayam broiler untuk kesehatan)

Ketidak tahuan sebagian orang akan keistimewaan dan khasiat tempe membuat makanan yang satu ini dipandang sebelah mata. Padahal tempe sangat istimewa dan memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan, diantaranya : kandungan lemak tak jenuh membantu menurunkan risiko penyakit jantung, kandungan antioksidannya membantu menangkal radikal bebas, kandungan mineralnya ampuh mencegah anemia, zat antibiotik dan antibakterinya bagus untuk mengatasi infeksi penyebab kolera dan diare, kandungan seratnya ampuh mengendalikan kadar gula darah, dan masih banyak manfaat lainnya.(Cara Mendapatkan Dollar dari Blogspot)

Sayangnya, saat ini banyak oknum curang yang mencampur tempe dengan bahan-bahan berbahaya, misalnya pewarna tekstil, dan bahan lain yang berbahaya bagi kesehatan. Nah, disini Dapuronlineku akan menyajikan tips memilih dan menyimpan tempe yang benar.

Tips Memilih Tempe yang baik dan Berkualitas

Pilih tempe yang kedelainya padat dan rapat

Pilih tempe yang segar dan baru, hal ini bisa dilihat dari suhu tempe yang hangat dan aroma kedelai yang tercium segar

Pilih tempe dengan serabut berwarna putih, tidak kelabu atau hitam

Hindari memilih tempe yang berbau, berlendir, atau berubah warna (hitam kecoklatan)

Pilih tempe yang berwarna putih, hindari membeli tempe berwarna kuning cerah karena mengandung pewarna.

Tips Menyimpan Tempe agar awet dan tetap enak

Proses penyimpanan yang tidak baik akan membuat tempe lebih cepat busuk dan tidak enak. Nah, apabila Anda tidak langsung memasak, simpan tempe dengan cara berikut :

Ketika tempe masih hangat, Anda bisa mengangin-anginkannya sampai dingin, baru kemudian disimpan dalam kulkas.

Biarkan tempe dalam kondisi utuh dan jangan dibuka tempatnya atau dipotong, lalu masukkan kedalam kulkas

Bisa juga dengan cara membuka tempe, kemudian mengukusnya selama 10-15 menit untuk menghentikan proses fermentasinya, lalu masukkan kedalam kulkas.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengukep tempe yang sudah dipotong bersama bumbu (bawang putih, ketumbar, dan garam yang dihaluskan), trus disimpan di kulkas.

Semoga tips memilih dan menyimpan tempe yang benar diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Demikianlah Resep Stick Tempe Goreng Telur, semoga bermanfaat juga mudah dipraktekin didapur. hee jangan lupa dimakan anget lebih enak loh apalagi juga vsekarang lagi musim hujan cocoklah untuk menemati saat hujan tiba,. jangan lupa like anda share Bunda…

selamat mecoba. happy cooking

Sumber : kedaiberita.info