5 Tips agar Tidur Tetap Berkualitas meskipun dalam Kondisi Sakit

247 views

Tubuh yang tidak fit biasanya membuat kita kurang nyaman dalam melakukan segala hal, termasuk saat tidur. Apalagi, jika kita mengalami sakit flu, batuk, dan demam secara terus menerus yang terkadang juga menimbulkan kepala pusing. Tentunya kualitas tidur yang kita punya berkurang karena merasakan sakit dan tidak nyaman.

Beberapa dari kita mungkin mencari cara agar bisa tidur sejenak dengan nyaman. Agar bisa tidur nyaman dikala sakit, berikut ini ada lima tips yang bisa kamu coba. Disimak, ya!

1. Pastikan kebutuhan magnesium tercukupi

Dilansir dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Research in Medical Science, suplemen magnesium dapat meningkatkan waktu dan kualitas tidur pada orang tua yang menderita insomnia. Selain itu, magnesium juga ikut berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang membuat kita segera pulih dari sakit.

Namun, mengonsumsi suplemen magnesium tidak boleh sembarangan karena magnesium dapat berpengaruh terhadap obat-obatan tertentu yang kita konsumsi.

2. Tidur di tempat yang nyaman

Ruangan tidur yang kita gunakan menjadi salah satu kunci agar tidur kita berkualitas. Orang yang sedang sakit biasanya membutuhkan tempat tidur yang tenang dengan suhu udara yang sejuk dan tidak terganggu dengan orang lain. Jika kamu tidak terbiasa tidur dengan kondisi kamar yang terang, matikan lampu agar bisa lebih nyenyak.

3. Gunakan bantal yang lebih tinggi untuk tidur saat sedang flu

Menggunakan bantal ketika flu pasti sudah banyak dilakukan saat tidur. Dilansir dari laman Healthline, menggunakan bantak ketika tidur membantu melegakan hidung tersumbat karena posisi kepala lebih tinggi sehingga lendir dapat mengalir keluar. Perlu diingat, jangan menggunakan bantal terlalu tinggi agar leher kita tidak sakit.

4. Ganti sprei kasur agar tidak lembap

Orang yang sedang sakit terkadang berkeringat karena efek samping dari obat yang dikonsumsi. Kondisi ini akan membuat sprei tempat tidur menjadi lembap karena keringat yang menumpuk.

Melansir Live Strong, seprai yang terkena keringat akan menimbulkan bakteri. Oleh karena itu, mengganti sprei perlu dilakukan agar tubuh kita tetap nyaman dan tidak terpapar bakteri yang membuat sakit kita bertambah parah.

5. Minum chamomile tea

Saat sakit biasanya kita mengonsumsi minuman hangat agar tubuh terasa rileks dan nyaman saat beristirahat. Mencoba minum secangkir chamomile tea sebelum tidur dapat menjadi salah satu pilihan minuman agar bisa tidur lebih nyenyak saat sakit. Melansir Healthline, chamomile tea dapat memberikan ketenangan dan sering dikonsumsi untuk orang yang sulit tidur.

Selain membuat orang lebih nyaman saat tidur, chamomile tea juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari laman National Institutes of Health, chamomile tea berguna sebagai anti inflamasi dan melindungi hati.

Tidur saat badan kurang fit terkadang sulit untuk dilakukan. Namun, tidur yang cukup menjadi kunci agar kondisi kita membaik. Lakukan kelima tips di atas saat tidur terasa tidak nyaman karena sakit agar segera sembuh dan bisa beraktivitas kembali, ya!