Resep Ayam Goreng Pedas Bumbu Daun Jeruk, Begini Cara Membuatnya

331 views

Daun jeruk memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Misalnya untuk mencegah bakteri, mengatasi stres, mengatasi bau mulut, mengusir serangga, hingga bermanfaat untuk menjadikan kulit sehat, dan bercahaya. Tak hanya dijadikan bahan kecantikan, daun jeruk juga bisa diolah bersama masakan.

Nah, kali ini kita akan mengolah ayam goreng yang dipadu dengan sambal pedas daun jeruk. Kalau kamu penasaran dengan resepnya, simak langkah-langkah berikut ini ya.

1. Siapkan bahan-bahan

1 kg daging ayam⁣
4 siung bawang putih⁣
5 siung bawang merah⁣
10 buah cabai rawit⁣
8 lembar daun jeruk⁣
Garam⁣ secukupnya
Gula⁣ secukupnya
Penyedap rasa⁣ secukupnya
Lada bubuk⁣ secukupnya
Minyak goreng secukupnya⁣

2. Rebus daging ayam sampai empuk dan matang lalu goreng

Langkah pertama, cuci bersih daging ayam lalu potong-potong sesuai selera. Panaskan panci berisi air untuk merebus daging ayam. Masukan ayam ke dalam panci dan biarkan daging matang. Angkat dan tiriskan sejenak, kemudian goreng sebentar sampai agak kering.⁣

3. Haluskan bumbu pedas dengan blender, lalu tumis sampai harum

Selanjutnya, haluskan bumbu pedas terdiri dari bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit dengan blender. Panaskan wajan dengan sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus selama beberapa saat sampai harum.⁣

4. Cuci dan iris tipis daun jeruk

Iris sebagian daun jeruk yang sudah dicuci, kemudian masukan irisan daun jeruk ke dalam tumisan bumbu. Aduk merata dan masak sampai layu. Tambahkan garam, gula, lada bubuk, dan penyedap rasa secukupnya.

5. Masak seluruh bahan termasuk ayam goreng

Setelah bumbu matang, masukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu. Aduk merata dan masak sebentar sampai bumbu meresap ke dalam daging ayam goreng. Koreksi rasanya lalu angkat dan sajikan dengan sepiring nasi hangat.

Itulah resep ayam goreng pedas bumbu daun jeruk. Selain baik untuk kesehatan dan kecantikan, daun jeruk yang diolah bersama ayam dapat menghilangkan bau amis. Kaya manfaat banget, ya!