Hati-hati, 5 Aktivitas Ini Tanpa Disadari Dapat Memicu Ambeien

301 views


Ambeien atau wasir adalah kondisi yang menyebabkan tidak nyaman dan menyiksa. Ambeien adalah pembuluh darah yang membengkak di ujung bawah rektum dan anus. Saat ambeien membengkak, dinding pembuluh darah menipis dan karenanya berisiko mengalami iritasi.

Ambeien sebenarnya merupakan kondisi yang sangat umum, dan ada sejumlah aktivitas sehari-hari yang mungkin tidak kamu sadari bisa menjadi penyebab wasir. Apa saja aktivitas yang dimaksud? Cek di bawah ini!

1. Terlalu lama duduk di toilet

Inspirasi memang sering kali datang saat kita berada di kamar mandi. Akan tetapi, bukan berarti kamu bisa berlama-lama duduk di toilet.

Dijelaskan di laman Bustle, duduk di toilet selama lebih dari 5 menit bukanlah hal yang baik. Karena, dalam aktivitas buang air besar, otot panggul secara alami mengendur sebagai persiapan untuk buang air besar. Akibatnya, darah mengalir lebih leluasa ke ambeien.

Semakin banyak darah berarti ambeien akan semakin besar, lebih segar, yang memungkinkan lebih banyak masalah. Jadi, pastikan kamu duduk di toilet secukupnya saja, tak perlu berlama-lama.

2. Mengangkat beban berat

Mampu mengangkat dan memindahkan barang yang sangat berat mungkin membuat kamu bangga. Sayangnya, aktivitas tersebut sebenarnya dapat menyebabkan kamu terlalu memaksakan diri.

Melansir The Healthy, aktivitas mengangkat beban berat meningkatkan tekanan di rektum, menyebabkan pembuluh darah membengkak seperti balon dan memicu ambeien. Sayangnya, tidak ada cara pasti untuk menghindari ini sepenuhnya. Namun, mengangkat dengan benar mungkin dapat membantu.

3. Mengabaikan kebutuhan buang air besar

Menahan buang air besar dapat memicu banyak masalah, salah satunya sembelit. Menurut American Family Physician, jika kamu buang air besar dengan frekuensi kurang dari tiga kali seminggu, kamu mungkin mengalami sembelit.

Sembelit atau konstipasi akan menyebabkan ketegangan terkait tinja yang menggumpal dan keras mendorong anus, yang memicu pembuluh darah membengkak. Sembelit juga menyebabkan seseorang harus mengejan lebih keras saat buang air besar, yang juga dapat memicu ambeien.

Olahraga, makan cukup serat, dan minum cukup air dapat mengatasi banyak masalah kesehatan, termasuk masalah buang air besar.

4. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang digemari. Namun, menghabiskan banyak waktu untuk bersepeda bisa menempatkan dirimu pada risiko ambeien.

Saat menjejalkan sadel sepeda yang keras ke perineum dan kemudian mencondongkan tubuh ke depan, seorang pengendara sepeda tidak hanya meningkatkan aliran darah ke ambeien, tetapi juga memberikan tekanan yang dapat mengganggu drainase cairan, demikian diutarakan di laman Bustle.

Jadi, setiap kali kamu menempatkan dirimu dalam posisi tersebut selama berjam-jam, kamu berisiko memperburuk kondisi ambeien.

5. Makan makanan pedas

Makanan pedas sebenarnya tidak menyebabkan ambeien secara langsung, tetapi jenis makanan tersebut bisa memperburuk kondisinya.

Dirangkum dari laman Livestrong, makanan pedas dikenal sebagai stimulan saluran pencernaan dan sering dikaitkan dengan diare. Lebih lanjut, diare dapat menimbulkan iritasi potensial pada pasien dengan gejala ambeien.

Perubahan dalam kebiasaan buang air besar menempatkan anal pada risiko ambeien. Karena makanan pedas dapat menyebabkan perubahan dalam pergerakan usus, masuk akal bahwa makanan pedas dapat memicu ambeien.

Jika kamu memiliki masalah dengan ambeien, ada baiknya kamu berhati-hati dengan semua aktivitas di atas. Juga, temui dokter untuk membantu mengetahui akar masalahnya dan supaya kamu mendapatkan perawatan yang tepat.