5 Cara Efektif Memutihkan Gigi, Bisa Dilakukan dari Rumah!

358 views

Ada berbagai faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilau putih cerahnya. Makanan tertentu dapat menodai enamel yang merupakan lapisan terluar pada gigi. Selain itu, adanya penumpukan plak pada gigi dapat menyebabkannya terlihat kuning. Memang ada banyak produk yang dapat dipilih untuk memutihkan gigi.

Namun, sebagian besar produk pemutih menggunakan bahan kimia untuk memutihkan gigi, yang menjadi perhatian banyak orang. Agar kamu tak terjebak dalam informasi yang salah tentang cara memutihkan gigi dengan mudah di rumah, catat cara-cara berikut ini.

1. Gunakan soda kue

Soda kue memiliki khasiat pemutih alami, itulah mengapa soda kue menjadi bahan populer dalam pasta gigi komersial. Dilansir dari Healthline, ini adalah abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda di permukaan gigi.

Selain itu, soda kue menciptakan lingkungan basa di mulut kamu yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Meski begitu, soda kue bukan obat yang akan memutihkan gigi dalam semalam. Kamu akan melihat perbedaan penampilan gigi dari waktu ke waktu.

Satu studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue jauh lebih efektif dalam menghilangkan noda kuning dari gigi daripada pasta gigi standar tanpa soda kue. Semakin tinggi konsentrasi soda kue, semakin besar efeknya.

Selain itu, tinjauan terhadap lima penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue menghilangkan plak dari gigi lebih efektif daripada pasta gigi non-baking soda.

Untuk menggunakan obat ini, campurkan 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air dan sikat gigi dengan pasta tersebut. Kamu dapat melakukannya beberapa kali dalam seminggu.

2. Peras oil pulling

Oil pulling adalah pengobatan pemutihan gigi tradisional yang biasa dilakukan oleh orang India. Teknik ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan mulut kamu secara keseluruhan.

Untuk melakukan oil pulling, kamu harus memeras minyak di sekitar mulut. Minyak apa pun bisa digunakan untuk menarik minyak, tetapi minyak bunga matahari dan minyak wijen paling banyak digunakan. Minyak kelapa juga merupakan pilihan populer karena rasanya yang enak dan juga menawarkan manfaat kesehatan lainnya.

Mengutip dari Pleasant Family Dentistry, oil pulling berguna karena membantu menghilangkan banyak jenis bakteri dari mulut. Bakteri ini menyebabkan timbulnya plak dan membuat gigi menjadi kekuningan. Karenanya, oil pulling bisa sangat berguna untuk memutihkan gigi.

Untuk melakukan oil pulling dengan minyak kelapa, ambil 1 sendok makan dan remas di sekitar mulut Kamu. Lanjutkan proses ini selama 15 hingga 20 menit.

3. Gosok kulit pisang, jeruk atau lemon

Sama seperti oil pulling, obat ini juga belum ada penelitian ilmiah yang mendukungnya. Namun, orang-orang yang mencobanya senang dengan hasilnya. Plus, ini tidak melibatkan bahan kimia berbahaya, jadi mengapa tidak?

Dikutip dari Pleasant Family Dentistry, untuk melakukan trik ini, ambil kulit pisang, jeruk, atau lemon dan gosokkan dengan lembut pada gigi kamu. Terus gosok selama sekitar 2 menit, lalu bersihkan mulut dan gosok gigi seperti biasa.

Kulit buah ini mengandung asam sitrat, yang secara teoritis membantu memutihkan gigi. Jika kamu mengalami masalah sensitivitas, kemungkinan enamel gigi kamu lemah atau luntur. Dalam hal ini, tidak disarankan untuk menggunakan cara ini.
Baca Juga: Bukan Cuma Sikat Gigi, 6 Makanan ini Juga Menjaga Gigi Tetap Sehat

4. Cegah noda gigi sebelum terjadi

Meskipun gigi kamu akan menguning secara alami seiring bertambahnya usia, beberapa hal dapat membantu mencegah noda pada gigi. Dikutip dari Healthline, hal-hal tersebut di antaranya dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman, batasi asupan gula, dan perbanyak makanan yang mengandung kalsium.

5. Jangan remehkan sikat gigi secara teratur!

Menurut Healthline, menyikat dan membersihkan gigi secara teratur dapat membantu gigi tetap putih dengan mengurangi bakteri di mulut dan mencegah penumpukan plak. Pasta gigi dengan lembut menggosok noda pada gigi kamu, dan flossing menghilangkan bakteri yang menyebabkan plak.

Itulah beberapa cara memutihkan gigi dengan mudah di rumah. Tapi kalau kamu ingin menerapkan beberapa cara di atas, bisa berkonsultasi dengan dokter. Sehingga tidak menimbulkan efek samping.