Cuma Rebahan Tapi Selalu Lelah? Inilah 5 Penyebabnya!

296 views

Lelah dapat terjadi apabila seseorang terlalu banyak melakukan aktivitas fisik. Namun, bila seseorang merasa lelah, tapi tidak melakukan banyak aktivitas fisik, mungkin ada faktor-faktor yang meletarbelakangi timbulnya rasa lelah dalam diri kalian yang tak terduga itu.

Simak, yuk lima faktor yang menyebabkan tubuh kalian mudah sekali kelelahan, meski hanya rebahan.

1. Kurang darah

Kurang darah atau yang biasa dikenal juga dengan anemia merupakan sebuah kondisi ketika jumlah sel darah merah lebih rendah dibandingkan jumlah yang seharusnya.

Bila sel darah merah ada dalam jumlah yang rendah maka, oksidasi di dalam tubuh juga berkurang. Hal inilah yang menyebabkan tubuh kita menjadi terasa mudah lelah.

2. Mengonsumsi kopi di malam hari

Sebetulnya, bukan kopi yang membuat lelah melainkan kandungan kafein yang terdapat di dalamnya. Apabila kalian mengonsumsi kopi di malam hari, maka efek lelah akan timbul di pagi hari saat kamu bangun tidur.

Dilansir dari laman Medical News Today yang menyebutkan bahwa kafein dapat menutup reseptor adenosine pada otak.

Adenosine sendiri merupakan sebuah zat atau unsur yang mengatur siklus bangun ataupun tidur di dalam otak kita.

3. Kurangnya aktivitas fisik

Olahraga ada banyak jenisnya dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta tidak melulu dilakukan di luar ruangan.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan, begitu pula dengan olahraga yang tidak memerlukan alokasi waktu yang banyak.

Aktivitas fisik, seperti olahraga dapat mencegah kalian dari rasa lelah yang seringkali timbul begitu saja. Tak hanya itu saja, aktivitas fisik juga akan meningkatakan kualitas tidur kalian.

4. Jadwal tidur yang tidak teratur

Jadwal tidur yang tidak terartur dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya efek ketergantungan kita untuk selalu mengakses internet.

Tak hanya itu, jadwal tidur yang tidak teratur menjadi pemicu tubuh kita menjadi cepat lelah.

Jangan menjadikan tubuh kalian seperti burung hantu, ya yang tidur disiang hari tapi malah beraktivitas berat di malam hari.

5. Kurangnya konsumsi air putih

Kurangnya konsumsi air putih akan membuat tubuh kita kekurangan cairan yang akan mengakibatkan dehidrasi. Dehidrasi karena kurangnya konsumsi air putih inilah yang menyebabkan tubuh kita lebih mudah merasa lelah.

Itulah lima faktor yang menyebabkan tubuh kalian mudah sekali lelah. Yuk, mulai perbaiki gaya hidup kita agar segera terhindar dari rasa lelah berkepanjangan.

Jika kalian merasa sudah tidak sanggup mentolerir rasa lelah ini, jangan lupa untuk segera berkonsultasi dengan dokter, ya.