5 Tips Masak Rendang dengan Rice Cooker, Lebih Cepat dan Bisa Empuk

291 views

Rendang menjadi salah satu makanan Indonesia yang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Namun, cara mengolah rendang yang lama dan cukup sulit membuat sebagian orang malas memasaknya.

Sebenarnya ada cara mudah mengolah rendang, lho. Kamu hanya perlu menggunakan rice cooker.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut beberapa tips memasak rendang dengan rice cooker yang bisa kamu coba.

1. Gunakan daging sengkel

Untuk membuat rendang yang enak, sebaiknya gunakan daging yang agak berlemak seperti sengkel. Sebab, daging sengkel memiliki guratan lemak dan urat. Jadi rasanya lebih enak, serta gak mudah hancur meski dimasak dalam waktu yang lama.

2. Masukkan semua bahan ke dalam rice cooker

Bumbu rendang gak perlu ditumis, cukup masak secara bersamaan dengan bahan lainnya. Masukkan daging, bumbu, dan santan ke dalam rice cooker.

Jangan lupa tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Supaya lebih simpel, kamu bisa menggunakan bumbu rendang instan. Setelah itu, tutup rice cooker, lalu tekan tombol masak.

3. Perhatikan tombol rice cooker

Setiap rice cooker memiliki tombol pengaturan yang berbeda. Jika kamu menggunakan rice cooker biasa, sebaiknya harus sering-sering diperhatikan.
Saat tombol sudah berubah menjadi matang, biasanya dagingnya belum empuk, maka harus ditekan kembali ke tombol masak.

4. Jangan lupa sesekali diaduk

Jika memasak rendang manual harus sering diaduk, berbeda jika kamu menggunakan rice cooker. Jadi, gak perlu diaduk terus menerus, cukup sesekali diaduk secara perlahan. Kamu bisa sambil melakukan pekerjaan lain.

5. Masak dengan wajan setelah setengah matang

Meski demikian, memasak rendang di rice cooker gak akan membuat hasilnya sempurna. Sebab, rice cooker gak bisa membuat bumbu rendang menjadi kering. Sebenarnya sudah bisa disajikan, tetapi rasanya akan tak seenak jika dimasak manual.

Setelah daging setengah matang, pindahkan ke dalam wajan. Kemudian masak sambil diaduk-aduk supaya bumbunya mengering. Proses memasak ini gak butuh waktu lama, karena sudah dimasak dengan rice cooker sebelumnya.

Itulah beberapa tips memasak rendang dengan rice cooker. Bisa sembari melakukan pekerjaan lain, kan? Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!