16 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

391 views

Siapa yang tidak mengenal buah sirsak? Buah dengan kulit unik, dengan daging berwarna putih, bercita rasa asam manis dan kaya akan kandungan serat ini disukai banyak orang. Buah ini lezat disantap langsung ataupun dioleh menjadi berbagai sajian yang nikmat. Pada 100 gram sirsak terkandung 3,3 gram serat yang bisa memenuhi kebutuhan serat sebanyak 13 persen perhari. Tidak hanya serat saja, pada buah sirsak terdapat berbagai kandungan lainnya seperti karbohidrat, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, dan fruktosa.

Selain buahnya yang kaya akan kandungan nutrisi, daun buah sirsak juga mengandung senyawa yang bermanfaat baik bagi kesehatan. Daun sirsak sering dimanfaatkan untuk kesehatan. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan kemudian populer ketika sebuah penelitian menyatakan bahwa pada daun sirsak terkandung senyawa yang dapat membantu mengatasi kanker. Pada daun sirsak terkandung beberapa nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, fruktosa, kalsium dan protein.
Pada daun sirsak juga terkandung senyawa yang bernama acetogenin. Dimana senyawa ini memiliki sifat sebagai antivirus, antiparasit, antimikroba dan antiperadangan. Karena hal inilah daun sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.Nah, untuk anda yang ingin tahu apa saja manfaat daun sirsak untuk kesehatan, anda bisa langsung simak pada pembahasan di bawah ini.

MANFAAT DAUN SIRSAK UNTUK KESEHATAN

Daun sirsak diketahui dapat dijadikan sebagai obat untuk membantu mengobati berbagai masalah kesehatan. Karena berbagai kandungan yang terdapat pada buah sirsak, membuat daun sirsak bermanfaat bagus untuk kesehatan. Lantas apa saja manfaat daun sirsak untuk kesehatan? Agar tidak penasaran, simak beberapa manfaatnya berikut ini.

1. MENGOBATI KANKER
Kanker menjadi salah satu penyakit yang menakutkan untuk setiap orang. Penyakit ini memang tidak menular namun mematikan. Kanker itu sendiri merupakan penyakit yang terjadi diakibatkan sel-sel abnormal tumbuh tidak terkendali yang akan menyebabkan jaringan tubuh rusak. Kanker bisa tumbuh pada bagian tubuh mana saja karena berasal dari sel tubuh manusia. Salah satu manfaat daun sirsak yaitu dapat menghambat tumbuhnya sel-sel kanker. Bahkan pernyataan ini sudah banyak dibuktikan dalam penelitian. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa daun sirsak mampu melawan sel kanker pada tubuh. Pada daun sirsak terkandung senyawa aktif yang bernama acetogenin. Dimana senyawa ini akan membantu tubuh untuk melawan sel-sel kanker. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa merebus daun sirsak segar sebanyak 10 buah dalam 3 gelas air. Dapatkan hasil rebusan daun sirsak sebanyak 1 gelas. Anda bisa meminumnya sehari 2 kali selama 2 minggu.

2. MENGOBATI REMATIK
Rematik menjadi salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Penyakit ini menimbulkan rasa sakit yang disebabkan karena persendian atau otot mengalami pembengkakan dan peradangan. Penyakit rematik itu sendiri terdapat beberapa jenis dan bisa menimpa persendian mana pun. Penyakit rematik tentu akan sangat menyiksa, karena rasa sakit yang anda alami akan mengganggu aktivitas. Untuk membantu mengatasi rasa sakit yang anda alami, anda bisa mencoba memanfaatkan daun sirsak.
Daun sirsak mengandung antiperadangan yang dapat membantu mengobati penyakit rematik. Untuk mendapatkan manfaatnya anda tidak perlu meminum air rebusannya, anda hanya perlu menempelkan daun sirsak yang sudah direbus dan dihaluskan pada bagian sendi anda yang mengalami rematik. Untuk hasil yang maksimal anda bisa melakukan perawatan ini dengan rutin yakni dua kali sehari. Selain membantu meredakan rematik, kandungan antiperadangan pada daun sirsak juga bermanfaat untuk mengatasi eksim. Caranya sama seperti mengatasi rematik, anda tinggal menyimpan daun sirsak yang sudah dihaluskan pada kulit yang terdapat eksim.

3. MENGATASI MASALAH TIROID
Hormon tiroid memiliki peran penting untuk berbagai reaksi kimia pada tubuh. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Apabila kelenjar tiroid mengalami masalah, maka hormon tiroid pun akan terganggu yang mengakibatkan munculnya berbagai masalah seperti penyakit gondok, hipertiroidisme, nodul tiroid dan lain sebagainya. Beberapa senyawa yang terkandung pada daun sirsak bermanfaat untuk tiroid, seperti misalkan saponin, antioksidan polifenol, serta senyawa yang memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Dengan minum rebusan air sirsak akan bermanfaat untuk mencegah kelenjar tiroid agar tidak mengalami kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas ataupun karena virus dan bakteri.

4. MENGOBATI DIABETES
Penelitian sudah membuktikan bahwa daun sirsak dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan cara melepaskan hormon insulin, mengubah gula menjadi energi. Sehingga dengan demikian gula darah akan digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai energi. Efeknya gula darah tidak akan naik sehingga anda akan terhindar dari masalah diabetes. Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak untuk diabates, anda bisa merebus daun sirsak sebanyak 5 lembar dengan 2 gelas air. Anda bisa merebusnya hingga menghasilkan air rebusan sebanyak 1 gelas. Anda bisa meminum air rebusan daun sirsak ini dengan rutin setiap pagi, serta malam hari sebelum anda tidur.

5. MENGATASI ASAM URAT
Penyakit asam urat merupakan penyakit sendi yang terjadi karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Pada keadaan normal, asam urat akan larut dalam darah dan keluar bersama urine. Hanya saja, pada kondisi tertentu tubuh akan menghasilkan asam urat dalam jumlah yang banyak atau tubuh mengalami masalah untuk mengeluarkan kelebihan asam urat, akibatnya asam urat akan menumpuk pada tubuh. Penumpukan asam urat akan menyebabkan terbentuknya kristal pada sendi. Kondisi ini akan memicu rasa sakit, serta pembengkakan pada sendi tubuh anda. Pada umumnya kristal asam urat terbentuk pada sendi, namun juga bisa terbentuk pada saluran kemih atau ginjal.
Kondisi ini tentunya akan menyebabkan terganggunya fungsi ginjal dan menyebabkan batu pada saluran kemih. Untuk membantu mengobati asam urat, daun sirsak diketahui memiliki khasiatnya. Senyawa yang terkandung pada daun sirsak dapat membantu tubuh untuk menghilangkan asam urat pada darah. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa meminum rebusan daun sirsak. Caranya yaitu dengan merebus daun sirsak sebanyak 6 hingga 10 lembar dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas. Rebus hingga menghasilkan 1 gelas air. Anda bisa meminum air rebusan daun sirsak sebanyak 2 kali dalam sehari, yakni saat pagi dan malam hari.

6. MENGATASI PENYAKIT KOLESTEROL
Kolesterol tinggi merupakan kondisi dimana dalam darah tingkat kolesterol melampaui batas normal. Dimana kondisi ini tentu akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Kolesterol itu sendiri merupakan senyawa lemak seperti lilin. Kolesterol diproduksi oleh hati sebagian besar, namun sebagian lainnya bisa didapatkan dari makanan yang anda konsumsi. Kolesterol memiliki fungsi untuk memproduksi sel sehat, vitamin D dan sejumlah hormon. Meskipun oleh tubuh diperlukan, namun kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan masalah kesehatan.
Kolesterol tinggi akan menghambat aliran darah yang mengakibatkan kurangnya pasokan darah pada bagian tubuh tertentu dan berisiko meningkatkan masalah kesehatan seperti stroke atau serangan jantung. Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, anda bisa memanfaatkan daun sirsak. Anda dapat merebus daun sirsak dan meminum air rebusannnya. Anda bisa merebus daun sirsak yang sedikit tua sebanyak 10 lembar. Rebus hingga airnya 1 gelas. Anda bisa meminumnya saat pagi hari baik dalam keadaan dingin atau hangat.

7. MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH
Dalam menjaga kesehatan, sistem kekebalan tubuh memiliki peranan yang penting. Supaya tubuh tidak mudah terserang oleh penyakit, maka penting untuk selalu menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ada berbagai cara yang bisa anda lakukan, beberapa di antaranya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, mengelola stres dan lain sebagainya. Nah, anda juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan memanfaatkan daun sirsak.
Kandungan gizi yang terdapat pada daun sirsak berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, serta mencegah berbagai infeksi yang mungkin akan terjadi pada tubuh. Caranya yaitu dengan merebus daun sirsak sebanyak 4 hingga 5 lembar daun sirsak dengan menggunakan air sebanyak 4 gelas sampai tersisa 1 gelas. Anda bisa meminum air rebusan daun sirsak dengan rutin.

8. MENGATASI KISTA OVARIUM
Kista ovarium merupakan tumor jinak yang terdapat pada ovarium. Apabila penyakit ini tidak diobati dengan segara, kista bisa berkembang menjadi kanker dan tentunya ini sangat berbahaya. Untuk mengobati kista ovarium, daun sirsak diketahui memiliki khasiatnya. Anda bisa memanfaatkan daun sirsak untuk membantu mengobati kista ovarium. Untuk mendapatkan manfaat dari daun sirsak untuk mengatasi kista ovarium, caranya sangat mudah. Anda hanya tinggal meminum air rebusan daun sirsak. Tentunya, selain membantu mengatasi kista ovarium, meminum air rebusan daun sirsak juga bermanfaat baik untuk kesehatan yang lainnya. Nah, untuk mengobati kista ovarium, anda perlu merebus daun sirsak sebanyak 10 lembar dengan air sebanyak 3 gelas. Pastikan daun sirsak yang anda gunakan masih segar atau baru saja dipetik. Rebus daun sirsak hingga tersisa airnya saja. Air rebusan daun sirsak ini bisa anda minum baik dalam keadaan hangat atau dingin. Supaya manfaatnya dapat anda rasakan, anda bisa meminumnya setiap pagi.

9. MENINGKATKAN KESUBURAN
Setiap pasangan yang sudah menikah tentu akan menanti hadirnya buah hati dalam keluarga kecil mereka. Hanya saja, terkadang kondisi menghambat mereka untuk segera mendapatkan keturunan seperti misalkan kondisi sperma serta sel telur yang kurang mendukung. Nah, untuk membantu meningkatkan kesuburan daun sirsak memiliki khasiatnya. Nutrisi yang terkandung pada daun sirsak dapat memberikan gizi yang baik dan sehat bagi sel telur maupun sperma. Anda bisa menyiapkan daun sirsak sebanyak 15 lembar yang tidak terlalu tua ataupun terlalu muda. Selain itu, siapkan pula gula jawa atau madu, serta daun salam atau sereh. Caranya yaitu, silakan bersihkan daun sirsak di bawah air mengalir. Rebus daun sirsak dengan menggunakan air sebanyak 5 gelas. Rebus hingga tersisa dua gelas air. Anda bisa menambahkan madu atau gula jawa, beserta daun salam supaya cita rasanya semakin lezat dan aromanya nikmat.

10. MEMBASMI KUTU
Bagi manusia, daun sirsak memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hanya saja, di sisi lain daun ini beracun untuk parasit ataupun serangga. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang memanfaatkan daun sirsak untuk membasmi kutu pada rambutnya. Keberadaan kutu di rambut tentu akan sangat tidak nyaman karena gigitannya akan menyebabkan gatal. Bahkan jika kulit kepala digaruk terus menerus dapat menyebabkan luka. Untuk membasmi kutu pada rambut anda bisa memanfaatkan air rebusan daun sirsak untuk mencuci rambut. Kemudian diamkan selama beberapa saat. Anda bisa mencuci rambut hingga bersih seperti biasanya.

11. MEREDAKAN DEMAM DAN KEJANG Ekstrak daun sirsak juga bermanfaat untuk membantu meredakan demam dan kejang. Pengobatan ini biasanya sering dilakukan sebagai pengobatan tradisional di negara Afrika. Sebuah penelitian menyatakan, senyawa bioaktif yang terkandung pada daun sirsak bisa digunakan sebagai obat antikejang.

12. MENGATASI PENYAKIT KUNING
Secara tradisional, daun sirsak juga digunakan untuk mengatasi penyakit kuning atau jaundice, termasuk mengobati mata kuning. Berdasarkan sebuah studi menyatakan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak dapat mengurangi hiperbilirubinemia dengan signifikan. Selain itu, ekstrak kandungan air pada daun sirsak berpotensi melindungi hati, khususnya yang disebabkan karena efek buruk asetaminofen, serta karena karbon tetraklorida.

13. MENGATASI MASALAH INSOMNIA Apakah anda pernah mengalami insomnia? Insomnia itu sendiri merupakan gangguan tidur dimana penderitanya akan mengalami kesulitan tidur dan selama tidur tetap terjaga. Orang yang menderita insomnia biasanya akan merasa tidurnya tidak berkualitas. Hindari konsumsi pil tidur untuk mengatasi insomnia karena efek sampingnya dapat berbahaya untuk tubuh. Anda bisa mencoba aromaterapi alami dengan memanfaatkan daun sirsak. Rebusan daun sirsak diketahui sebagai sumber aromaterapi untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Daun sirsak mengandung tryptophan yang akan menjadikan anda merasa lebih rileks dan membuat anda mudah mengantuk.

14. MENGOBATI PENYAKIT WASIR
Ambeien atau wasir merupakan kondisi dimana pembuluh darah pada daerah anus mengalami pembengkakan. Kondisi ini terjadi disebabkan karena adanya peningkatan terhadap tekanan pada rektum bagian bawah. Beberapa hal dapat meningkatkan tekanan tersebut seperti misalkan, mengejan saat buang air besar, mengalami diare, duduk dalam waktu yang lama, obesitas, kurang mengonsumsi makanan berserat, mengonsumsi makanan terlalu pedas dan lain sebagainya. Ambeien dapat berakibat fatal jika infeksi meluas karena akan mengakibatkan gangguan terhadap sistem saraf. Nah, daun sirsak diketahui dapat membantu mengobati masalah ambeien. Daun sirsak mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai anti bakteri sehingga anda bisa menggunakan daun sirsak untuk mengatasi ambeien dengan alami. Caranya yaitu dengan minum air rebusan daun sirsak.

15. SEBAGAI SUMBER ANTIOKSIDAN
Ekstrak daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan yang terkandung pada daun sirsak di antaranya yaitu antioksidan enzim yang termasuk katalase, dismutase superoksida, dan antioksidan nonenzim yakni vitamin C, serta vitamin E.

16. MENGOBATI PENYAKIT KULIT Daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati masalah pada kulit. Berdasarkan penelitian, daun sirsak atau buahnya dapat membantu mengatasi masalah pada kulit. Masalah kulit yang dimaksud seperti masalah kulit yang diakibatkan oleh jamur, kulit tergores benda tajam, cacar atau bisul. Masalah kulit tersebut dapat diatasi dengan menggunakan daun sirsak. Caranya sangat mudah sekali, anda hanya tinggal menyiapkan daun sirsak yang masih segar dan menempelkannya pada kulit yang mengalami masalah selama beberapa saat hingga daunnya layu.

EFEK SAMPING KONSUMSI REBUSAN DAUN SIRSAK

Penggunaan air rebusan daun sirsak sebagai obat tidak luput dari efek samping seperti obat-obatan pada umumnya. Sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi rebusan daun sirsak dengan berlebihan karena dapat memicu masalah neurotoksisitas, yakni rusaknya neouron pada otak. Selain itu, mengonsumsi rebusan daun sirsak juga akan dapat membuat tekanan darah menurun dengan drastis, sehingga penderita tekanan darah rendah sebaiknya menghindarinya. Konsumsi daun sirsak berlebihan baik dalam bentuk teh atau air rebusannya akan memicu rusaknya saraf yang mana kondisi ini akan berujung pada penyakit parkinson.
Meskipun ramah untuk lambung, namun daun sirsak mengandung senyawa yang dapat memicu naiknya asam lambung. Berdasarkan penelitian, ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya menghindari konsumsi daun sirsak. Pasalnya, konsumsi daun sirsak tidak aman untuk kesehatan ibu ataupun buah hati. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Namun, mengetahui efek samping daun sirsak sebagai obat herbal tetap ada, maka penggunaan daun sirsak sebagai obat herbal harus dikonsultasuikan terlebih dahulu pada dokter untuk menghindari kemungkinan efek samping yang akan dialami.

Sumber:Selerasa.com