MENYUSURI SUNGAI CHAO PHRAYA YANG MEMBELAH KOTA BANGKOK

166 views

Bagi yang sering ke Thailand, pasti mengenal Bangkok dengan sungainya yang legendaris, Sungai Chao Phraya. Di pinggir sungai ini kita bisa menemukan banyak tempat untuk berjalan-jalan seperti Asiatique The Riverfront yang terkenal

Sungai Chao Phraya menjadi sarana transportasi yang vital sejak kota Bangkok didirikan tahun 1782. Sungai ini merupakan pertemuan empat sungai kecil, Ping, Wang, Yom, dan Nan, di daerah Nakhon Sawan yang berada di wilayah utara Thailand. Sepintas sungai ini mirip dengan Sungai Musi di Kalimantan.

Arti nama

Menurut legenda, pada masa lalu, nama sungai ini adalah “Mae Nam” Chao Phraya. Kata ‘Mae’ dalam bahasa Thailand berarti ‘Ibu’, dan ‘Nam’ berarti air.

Sedangkan nama Chao Phraya diambil dari julukan pada masa lampau, yakni Chao Pi’a. Nama itu menunjukkan bahwa sungai Chao Phraya menjadi sungai utama pada masa kejayaan Kerajaan Siam. Nah, karena itulah, sungai ini juga terkenal dengan julukan “The River King” yang artinya “Sungai para Raja”.

Fungsi Penting

Panjang aliran sungai Chao Phraya mencapai 372 kilometer. Bahkan hampir seluruh kota di Thailand dari Utara sampai Selatan dilalui sungai ini, seperti kota Chainat, Ang Tang, Ayyutaya, dan masih banyak lagi. Aliran sungai ini mengalir dari Bangkok hingga bermuara di Teluk Thailand.

Sungai ini merupakan sungai penting di negeri gajah putih. Fungsinya mulai dari untuk irigasi, pasar terapung, hingga tulang punggung transportasi penduduk di sekitar melalui kanal-kanal yang ada. Kanal-kanal tersebut terhubung hingga ke kampung-kampung hingga suatu waktu kota ini dijuluki sebagai Venesia di Timur.
Wisata

Sungai Chao Phraya dikenal juga sebagai jalur transportasi di Thailand. Kalau bermain-main di sungai ini, kamu akan melihat beberapa transportasi air di sungai ini. Ada bus sungai (river buses), Cross River Ferry, dan Taxi Air. Cobalah menyusuri sungai dengan tourist boat, semacam bus air yang bisa menampung puluhan penumpang.

Di siang hari kita bisa menikmati berbagai hal dari atas perahu karena berbagai obyek wisata menarik terletak di pinggiran Sungai Chao Phraya yang memang membelah kota Bangkok ini. Walaupun airnya berwarna kecoklatan, sungainya relatif bersih dari sampah.

Deretan hotel bintang lima, seperti JW Marriott, Shangri-La, Royal Orchid Sheraton, atau Mandarin Oriental, berada di sekitar sungai. Belum lagi berbagai gedung kampus, gedung teater, dan museum nasional. Para pelancong juga bisa memilih paket pelayaran untuk bisa mampir sejenak di Kuil Wat Arun yang terkenal itu. Kuil yang memiliki pagoda dengan tinggi sekitar 80 meter ini sangat cantik dilihat pada saat matahari akan terbenam.

Tags: #wisata thailand