LIMBAH GARAM YANG MENG ‘GUNUNG’ DAN JADI OBJEK WISATA DI JERMAN

119 views

Mungkin satu-satunya tempat wisata yang paling aneh di dunia adalah sebuah gunung garam di Jerman. Gunung ini dinamakan Monte Kali dan terletak di Kota Heringen. Tak sedikit traveler yang penasaran kemudian datang berkunjung ke sana. Bahkan ada paket turnya segala yang bisa diikuti wisatawan dari mana saja.

Kamu pasti tahu dong dengan garam, bumbu dapur yang tak pernah ketinggalan sebagai bumbu masak. Bahkan meski Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia nyatanya masih ketergantungan dengan garam impor. Keadaan ini terlihat kontras jika dibandingkan dengan Jerman yang malah “membuang-buang” garam dan menjadikannya gunung buatan.

Jika sedang berlibur di Jerman cobalah untuk mampir ke Kota Heringen. Di kota kecil yang berjarak 170 km dari Frankfurt tersebut berdiri sebuah perusahaan kimia bernama K+S. Perusahaan ini sempat berjaya di tahun 1976 dengan komoditi utamanya adalah garam. Dilansir Travelingyuk dari situs resmi kota tersebut, perusahaan kimia ini diketahui memiliki sebuah area yang digunakan sebagai tempat pembuangan sisa pengolahan garam.

Lambat laun limbah garam ini menumpuk hingga menjadi gunungan yang sangat tinggi. Tak kurang dari 188 juta ton garam dan 900 ton material lainnya menumpuk menjadi sebuah gunungan. Luas area gunung buatan ini mencapai 93 hektar dengan puncak tertingginya mencapai 230 meter. Karena keunikan ini kemudian warga setempat menamainya dengan Monte Kali bahkan ada yang menyebutnya dengan Kilimanjaro-nya Jerman.

Awalnya limbah garam yang menggunung tersebut dianggap sebagai bencana namun kini malah beralih fungsi menjadi sebuah tempat wisata yang ramai dikunjungi para turis. Kebanyakan dari mereka yang datang ke sana karena penasaran dengan gunung garam itu. Di sana kita juga akan memperoleh informasi unik seputar penambangan garam serta bagaimana Monte Kali terbentuk.

Dari puncak Monte Kali kita bisa melihat pemandangan kota Heringen. Bagi yang masih penasaran bisa datang pada hari Rabu, Jumat, Sabtu dan Minggu serta di hari libur nasional dengan terlebih dahulu membeli tiket di Museum Werra Potash yang berada di daerah Heringen. Kamu berminat?

Tags: #wisata german